hari gizi nasional
Pemkab Empat Lawang turut memperingati dan mengkampanyekan Hari Gizi Nasional 25 Januari Tahun 2023

RSUD Empat Lawang Mengucapkan Selamat Hari Gizi Nasional 2023 “Protein Hewani Cegah Stunting”

Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 dengan tema “Protein Hewani Cegah Stunting” diperingati sebagai sebuah ajakan kepada masyarakat untuk sama sama mencegah stunting terutama pada anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

RSUD Empat Lawang sebagai salah satu fasilitas kesehatan di kabupaten Empat Lawang turut memperingati HGN 2023 ini dengan mengajak semua masyarakat khususnya masyarakat Empat Lawang untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya menjaga gizi seimbang demi mencegah stunting.

Definisi Stunting

Melansir dari WHO stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan.

Stunting dapat menyebabkan penderitanya terserang infeksi maupun stimulasi yang tak memadai hingga gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Ciri Ciri Stunting Pada Anak:

Bukan hanya menyebabkan gangguan pada pertumbuhan tinggi badan anak, tetapi stunting juga bisa memicu berbagai penyakit lain pada anak hingga memengaruhi tingkat imunitas tubuh dan perkembangan otak anak.

Untuk itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui beberapa ciri-ciri stunting pada anak agar kondisi stunting tersebut dapat dicegah secara dini. Berikut ciri-cirinya

  1. Tinggi dan berat badan lebih kecil dibandingkan dengan anak seusianya.
  2. Anak rentan mengalami gangguan pada tulang.
  3. Mengalami gangguan tumbuh kembang.
  4. Rentan mengalami gangguan kesehatan.
  5. Terlihat lemas terus menerus.
  6. Kurang aktif.

Melalui HGN 2023 ini, Pemerintah mengajak masyarakat untuk mencegah stunting dengan makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan tema HGN 2023 yang mengusung “Protein Hewani Cegah Stunting”.

Hari Gizi Nasional : Protein Hewani Cegah Stunting

Hari Gizi nasional

Berkenanan dengan hari gizi nasional 2023 yang mengusung tema protein hewani cegah stunting, berikut berbagai kelompok pangan lauk pauk yang bisa dijadikan sumber protein hewani yang ada di sekitar kita.

  1. Daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa dll)
  2. Daging unggas (daging ayam, daging bebek dll)
  3. Ikan termasuk seafood, telur dan susu serta hasil olahnya

Dengan adanya peringatan HGN 2023 ini,  RSUD Empat Lawang bersama masyarakat Empat Lawang ikut peduli untuk mencegah stunting mulai dari keluarga masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here